Multimedia : Sejarah, Elemen, dan Peranannya di Berbagai Bidang


SEJARAH SINGKAT MULTIMEDIA

Multimedia bermula dari kegiatan non-digital seperti teater. Inovasi penting di era modern mencakup:

● 1862: Pameran fotografi oleh Mathew Brady.
● 1969: Internet lahir melalui proyek Departemen Pertahanan AS.
● 1971: Email pertama kali dikembangkan oleh Ray Tomlinson.
● 1976: Meluncurkan Apple.
● 1987: Hypercard diperkenalkan Apple, menjadi awal dari sistem multimedia.
● 1988: WWW muncul, diikuti perkembangan media online.
● 1995: Java sebagai platform mandiri.
● 1996: Microsoft dan Internet Explore hadir.


DEFINISI MULTIMEDIA

Multimedia berasal dari kata “multi” (banyak) dan “media” (sarana). Secara sederhana, multimedia adalah kombinasi teks, gambar, suara, video, animasi, dan grafik yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Media ini dapat diakses melalui perangkat digital seperti komputer, tablet, atau smartphone.


ELEMEN MULTIMEDIA

1. Teks
Bentuk multimedia paling sederhana, yang mencakup tulisan dalam bentuk artikel, blog, konten atau halaman web.

2. Gambar/Grafik 
Representasi visual dari ide/konsep, digunakan untuk menyampaikan emosi, informasi, dan ide dengan cara yang lebih menarik secara visual.  

3. Suara
Mencakup suara dan musik, digunakan untuk menciptakan suasana hati, membangkitkan emosi, atau memberikan informasi.  

4. Video
Mencakup gambar bergerak dan suara, banyak digunakan untuk tujuan hiburan dan pendidikan. 

5.  Animasi
Jenis multimedia yang melibatkan pembuatan gambar bergerak dari elemen statistik. 


KLASIFIKASI MEDIA

Tipe media menurut Fetterman dan Gupta (1993)

1). Berdasarkan Waktu dan Ruang
Tipe informasi yang dibatasi oleh ruang dan waktu (teks, gambar, suara, video, animasi) 

2) Berdasarkan Orisinalitas 
Jenis informasi yang didapat dari dunia nyata dan dari hasil sintesis oleh komputer (teks, gambar, grafik, suara, video, animasi) 


KATEGORI MULTIMEDIA

1) Multimedia Noninteraktif 
Pengguna tidak mempunyai kendali atas aliran informasi dari aplikasi multimedia, dan tidak ada interaksi timbal balik dengan pengguna. (film tutorial/demo) 

2) Multimedia interaktif 
Pengguna berperan aktif dalam mengatur aplikasi atau arus informasi yang ingin ditampilkan. (Game, E-aplikasi) 


ISTILAH DALAM MULTIMEDIA

1. Hipermedia
Struktur dari elemen multimedia yang saling terhubung di mana pengguna dapat melakukan navigasi. (web di seluruh dunia)

2. Pengembang Multimedia
Orang yang mengolah dan menggabungkan elemen multimedia menjadi sesuatu yang mempunyai arti. 

3. Proyek Multimedia
Pekerjaan membangun multimedia dengan perangkat lunak termasuk pesan/materi yang ingin ditampilkan melalui komputer/televisi. 

4. Media Imersif 
Salah satu teknologi yang menggabungkan dunia nyata dan dunia digital untuk berkomunikasi, berintekrasi, bekerja, belajar dan kegiatan lainnya. (Realitas Maya)


JENIS APLIKASI MULTIMEDIA

Presentasi : Serangkaian slide yang berurutan yang terdiri dari kombinasi elemen multimedia yang ada. 

Tutorial   Bentuk pengajaran tentang suatu keahlian tertentu dengan menggunakan komputer. 

Simulasi   Menggunakan komputer untuk melakukan hal seperti di dunia nyata. 

Game :  Digunakan sebagai hiburan namun juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. 

●   Halaman Web   Melalui halaman web dapat melakukan navigasi dengan menggunakan hypermedia. 


PENGGUNAAN MULTIMEDIA DI BERBAGAI BIDANG

Pendidikan

Materi pengajaran sudah banyak dibuat dalam bentuk permainan tentang pengenalan huruf.

Keuntungan menggunakan multimedia dalam pembelajaran yaitu: 
1). Portabilitas : Dapat dipelajari di mana saja. 
2). Fleksibilitas : Materi pembelajaran dapat langsung disimulasikan. 
3). Individualized Learning : Sumber daya multimedia dapat memenuhi kebutuhan dari berbagai jenis pembelajaran. 
4). Kolaborasi dan Membangun Komunitas : Jaringan media sosial memudahkan pelajar untuk saling berinteraksi dengan guru maupun teman.
5). A Broader View Of The World : Dapat dengan mudah mempelajari budaya dari Negara lain melalui gaya bahasa, tempat-tempat yang bisa dikunjungi serta ciri khas dari suatu Negara. 

Bisnis

Dapat terdiri dari materi presentasi, pelatihan, demo produk, iklan, katalog digital, atau kios informasi. Pada bagian iklan juga pada papan billboard sudah melibatkan multimedia, Pada aplikasi virtual tour. 


Hiburan

Sudah banyak sekali peranan multimedia khususnya di bidang game, tontonan film bioskop. Film-film yang sedang diputar di bioskop akan menampilkan trailer untuk menarik minat penonton. Trailer ini dapat ditemukan di website bioskop yang memutar film tersebut. 

Rumah

Bisa dilihat di televisi yang sudah menggunakan TV interaktif, kemudian rekaman video yang bisa ditransfer menjadi format digital, membuat animasi dari berbagai macam foto kenang-kenangan. 

Tempat Umum

Multimedia di tempat umum biasanya dalam bentuk kios informasi. Pada tempat umum seperti tempat pembelanjaan atau perbankan sering kali menyediakan kios informasi sehingga untuk situasi tertentu dapat langsung mencari informasi yang diinginkan tanpa perlu menunggu bantuan dari petugas. Dengan tampilan yang menarik pada kios informasi ini memudahkan pengunjung mencari informasi yang dibutuhkan. 


PENGGUNAAN MULTIMEDIA

Dunia Maya atau Internet

Tampilan web mulai dinamis dan lebih menarik. Pengguna dapat memainkan game secara online. Dan dengan adanya internet memudahkan pengguna untuk saling berbagi data seperti lagu, video, gambar. Dan dalam pembelajaran online seperti e-learning yang menggunakan multimedia sebagai metode pembelajaran memungkinkan penyebaran materi pada semua pelajar di berbagai tempat. 

Perangkat Seluler 

Pengguna ponsel dapat memutar video, saling mengirimkan video, atau gambar bahkan lagu.  


TANTANGAN MASA DEPAN MULTIMEDIA

●  Mendesain sistem multimedia yang sesuai untuk kebutuhan bisnis yang akan datang.
● Perkembangannya penggunaan internet harus disesuaikan dengan aplikasi multimedia yang dihasilkan. 
● Cara kompresi data sehingga tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar. 
● Bagaimana mengurangi penggunaan memori tanpa mengurangi kualitas aplikasi multimedia yang ada. 
● Dalam halaman web tidak memerlukan waktu lama untuk mengaksesnya.
● Pengembangan aplikasi multimedia yang ramah lingkungan, biaya produksi yang rendah, mudah diakses saja dan mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. 



Komentar